Friday, June 24, 2011

RUMAH PENUH INSPIRASI - 2


Zaman telah berkembang pesat. Modernitas mulai mengglobal dan begitu banyak pengaruhnya dalam kehidupan kita. Salah satu perubahan yang telah terjadi namun jarang disadari orang lain adalah perubahan akan bentuk rumah. Jika dibandingkan dengan model bangunan jaman dulu, ada begitu banyak perbedaannya. Dimulai dari ukuran, bentuk atap, bentuk jendela, bentuk pintu, sampai lantai dan temboknya.

Berikut adalah beberapa gambaran yang dapat membandingkan bangunan dari jaman dulu hingga zaman modern saat ini.

Kalau dilihat dari bentuk rumahnya, rumah zaman dulu tidak semuanya berbentuk persegi atau persegi panjang yang antara dua sisi panjang dan lebarnya selalu sama. Terkadang rumah zaman dahulu memiliki bentuk menyerupai segi lima atau segi enam, bahkan cenderung melingkar sehingga menyerupai menara.





Selain bentuk dasar rumah itu sendiri, ukuran rumah zaman dulu juga cenderung besar dengan kesan megah seperti istana. Antara atap dan lantai mungkin bisa sampai empat meter lebih, berbeda dengan rumah sekarang yang dibuat seminimalis mungkin.

Tak sedikit orang mengubah bentuk rumahnya menjadi rumah minimalis. Mungkin menurut mereka itu adalah salah satu tindakann untuk mengikuti arus modernitas yang sudah mengglobal. Tapi apa harus dengan menghilangkan bangunan yang sebenarnya merupakan suatu sejarah? Sementara sejarah itu sangat berarti. Tanpa sejarah, maka hari ini pun tidak ada.

Manusia bisa tetap mengikuti perkembangan zaman tanpa harus menghilangkan sejarah yang pernah melekat pada diri mereka. Cobalah membuat inovasi dari hal yang sudah ada. Perpaduan antara rumah zaman dulu dengan rumah minimalis zaman sekarang mungkin bisa menjadi hal yang manarik.

Rumah dengan bangunan dasar model zaman dulu, ditambah dengan batuan alam pada beberapa bagian temboknya mungkin akan menghasilkan perpaduan yang cocok. Selain itu, rumah kuno yang mungkin hanya menggunakan ubin, ubahlah dengan keramik berwarna gelap. Mungkin abu-abu atau biru tua. Untuk warna cat tembok, bisa disesuaikan berdasarkan selera Anda.

Jadi tak perlu takut untuk membuat inovasi terhadap hal-hal yang berbau sejarah. Karena inovasi itu sendiri yang akan mengubah sejarah menjadi masa depan yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Served On A Plate Cake Smiley