Evaluasi & Tips Pembuatan Clay Plastisin

6:16 PM nmhana 0 Comments


Bebicara masalah Clay, siang ini baru saja saya mempraktekkannya sendiri. Tidak semudah yang dibayangkan. Perpaduan adonannya cukup sulit. Bahkan antara tepung dan lem yang saya campurkan berdasarkan resep tidak berhasil. Akhirnya saya tambahkan lagi lemnya, sampai hampir habis satu bungkus.

Saya adalah seorang pemula, bahkan ini adalah pertama kalinya saya membuat clay sendiri. Tapi hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Setelah bergelut dengan adonan super lengket yang tiba-tiba menjadi keras karena pengaruh udara, dan setelah berkotor-kotor ria dengan cat warna yang membuat kuku-kuku jari saya  menjadi kotor dan belepotan.

Sekedar saran dari saya jika ingin membuat clay plastisin di rumah. Jangan langsung campurkan semua tepung dengan lem. Tepung dimasukkan perlahan sedikit demi sedikit untuk mengukur tekstur adonan. Jangan terlalu keras, karena akan sedikit sulit dibentuk. Tapi jgua jangan terlalu lembek, hal tersebut akan memperlama proses pengeringan. Dengan tekstur yang sesuai dan pas, adonan akan mudah dibentuk dan hasilnya pun akan mulus.

Untuk pewarnaan sendiri yang perlu kita perhatikan adalah tentang bagaimana memadukan warna dalam adonan agar menjadi semirip mungkin dengna objek sesungguhnya. Warna dari adonan tersebut akan menjadi lebih tua saat mengering, jadi tidak perlu memberi pewarna terlalu berlebihan pada adonan. Selain hal tersebut, saat kita memberi warna, kita juga harus memperhatikan kebersihan tangan. Jika tangan kita dalam kondisi kotor karena bekas cat warna sebelumnya, hal tersebut akan mengakibatkan kontaminasi warna dan membuat tampilan clay kita sedikit kurang menarik. Kesannya menjadi agak kotor. Untuk itu, kita bisa menggunakan sarung tangan plastik yang terpisah untuk masing-masing warna.

Mungkin demikian evaluasi terhadap clay yang sudah saya buat. Untuk percobaan ke depannya harus lebih baik lagi, dan memperhatikan hal-hal yang penting hingga ke bagian detailnya.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.