Kerajinan Dari Plastisin

7:29 AM nmhana 2 Comments


Beberapa waktu lalu saya mengunjungi perpustakaan daerah yang terletak tidak jauh dari tempat tinggalku. Aku mencari-cari buku yang menarik untuk dibaca, dan akhirnya ada satu buku yang menarik pertahianku. Sebuah buku berjudul 'Kreasi Plastisin -  Buat Kreasi Plastisin di Rumah Sendiri' yang ditulis oleh Indira. Buku ini sangat menarik. Di dalamnya dijelaskan secara detail tentang pembuatan kreasi plastisin mulai dari tahap pengenalan sampai proses membuatnya hingga tuntas. Bahkan di dalam buku itu tersedia juga galeri contoh-contoh kreasi plastisin yang bisa dibuat.

Sekarang saya akan menyampaikan beberapa informasi yang saya dapat dari buku tersebut. Berawal dari pengertian plastisin itu sendiri. Plastisin sebenarnya adalah termasuk clay (dalam bahasa Indonesia berarti tanah liat) yang terbuat dari campuran tepung dan lem. Untuk membuat adonan plastisin sendiri, bahan yang kita butuhkan di antaranya adalah :

  1. Tepung Terigu 70 gram
  2. tepung tapioka 70 gram
  3. tepung beras 70 gram
  4. lem putih (lem kayu) 180 gram
Untuk pembentukan adonannya pun tidak terlalu rumit, seperti berikut ini :
  1. Campurkan semua tepung, kemudian ayak.
  2. Campurkan tepung tersebut dengan lem putih yang telah disediakan.
  3. Uleni hingga merata dan kalis, sehingga mudah dibentuk.
Dalam pembuatan sebuah kerajinan dari plastisin, ada beberapa bentuk-bentuk dasar yang perlu kita ketahui di tahap awal. Bentuk-bentuk dasar tersebut di antaranya adalah : bulat, bulat telur, spiral, keriting, tabung, tetes air, gulung, tetes air dua sisi dan tali. Sebenarnya kalian bisa membuat sendiri bentuk-bentuk yang kalian inginkan sesuai imajinasi.

Untuk mengaplikasikan plastisin yang kalian buat, kalian bisa menggunakan stoples, kotak tisu, tempat pensil, gantungan kunci, bingkai foto dan tempat-tempat lain. Kalian juga bisa membuatnya sebagai pajangan di meja belajar.

Sangat menarik dan sangat mudah untuk dibuat.
Untuk info galeri akan kita bahas pada pos selanjutnya. Selamat mencoba...

2 comments:

  1. wah membantu sekali gan ^^ terimakasih ya infonya. kebetulan aq punya tugas untuk pembuatan kerajinan berbahan dasar yang gampang di bentuk, nah pas deh plastisin cocok. buat sendiri biar banyak klo beli mahal =='.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama...
    Terus ikuti posting blog ini ya :)

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.