Alternatif (Terakhir) Mengatasi Wi-Fi Bermasalah di Android

4:00 PM nmhana 0 Comments


Dua hari ini saya dibuat pusing tujuh keliling gara-gara satu masalah yang membuat hidup saya terasa begitu mengesalkan. Masalah apa itu? Jadi mari simak dulu ceritanya dari awal. Ya, biar terdengar lebih nyambung saja.


Jadi, waktu itu setibanya di rumah setelah pulang kantor, saya mau langsung BBM teman saya yang sudah membantu saya untuk melarikan diri siang itu. Ya, pelarian yang cukup ekstrem sebenarnya. Jadi saya bermaksud mengucapkan terima kasih. Tapi apa yang terjadi???

Saya dibuat kaget ketika tiba-tiba HP Android saya tidak dapat mendeteksi sambunga wi-fi di rumah. Padahal biasanya kalau saya sampai di rumah secara otomatis sambungan wi-fi akan tersambung. Sebelumnya saya sudah beberapa mengalami hal tersebut, jadi saya abaikan saja. Mungkin butuh menunggu beberapa saat agar bisa tersambungkan lagi dengan jaringan wi-fi di rumah. Saya tunggu-tunggu dan saya coba sambungkan, tapi tetap tidak bisa.

Berbagai macam saya coba. Mulai dari mengota-atik pengaturannya sampai membongkar-pasang batre dan kartu SIMnya. Saya membaca saran tersebut setelah googling. Tapi apa hasilnya? Itu sia-sia saja. Jadi terpaksa saya browsing lagi cara-cara untuk mengatasi masalah koneksi jaringan wi-fi pada android. Google menyediakan banyak sekali alternatif, tapi pada dasarnya semua sama saja. Kebanyakan artikel di google menyediakan cara dengan mengganti pengaturan IP dan bla-bla-bla. Saya coba semuanya, tapi tetap juga tidak berhasil.

Saya bersabar menunggu besok. Di kantor ternyata HP saya bisa tersambung dengan wi-fi di sana, jadi sebenarnya masalah jenis apa yang saya hadapi? Menyebalkan sekali rasanya. Dengan berharap-harap cemas, semoga saja setibanya di rumah sambungan wi-fi akan kembali lancar seperti semula. Dan begitu tiba di rumah, ternyata semuanya tidak seperti yang saya harapkan. Tetap saja HP saya tidak bisa tersambung denga jaringan wi-fi. Alhasil saya begitu kesal, bahkan sampai melempar HP tersebut ke kasur hingga jatuh ke lantai. Kasian benar si Andro. Saya minta maaf telah memperlakukannya dengan tidak baik.

Karena sudah lelah mencoba berbagai cara, saya merasa masih punya satu cara lagi. Saya pikir ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa memberi harapan agar smartphone saya tidak menjadi stupidphone gara-gara tidak dapat tersabungkan dengan jaringan. Bagaimana caranya???

Langsung saya unisntall semua program yang lokasi penyimpanannya di kartu memori. Saya cabut kartu memorinya dan mereset HP Android saya. Tidak banyak berharap, tapi saya merasa lebih yakin kalau cara tersebut akan berhasil. Menyiapkan mental untuk kehilangan semua data di memori internal. Saya pun harus tahu kalau resiko dari semua ini adalah saya harus mulai berjuang dari 0 (nol) untuk mendownload aplikasi ini dan itu. Lalu bagaimana hasilnya???

BERHASIL!!!

Setelah direset, ternyata si Andro mau lagi tersambung dengan jaringan wi-fi di rumah. Wah... Senangnya. Walaupun sedih juga karena beberapa data yang lupa saya pindah ke memori eksternal harus hilang bagai debu yang tertiup angin. Tapi tak apa lah, yang terpenting sekarang si Andro sudah jadi Smartphone lagi. Bahkan rasanya jadi seperti baru beli HP baru (efek reset).

Ya, semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman semua. Tapi yang paling diharapkan adalah semoga teman-teman tidak mengalami masalah semacam ini. Lumayan merepotkan juga.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.